Selasa, 14 Agustus 2012

Belajarlah dari Forrest Gump !



02:02 Skill Agia


Film Forrest Gump (1994) yang bergenre drama berdasarkan sebuah novel dari Winston Groom dimana pernah mendapatkan nominasi 13 Academy Awards memang pantas mendapatkan two thumbs up. Film ini sungguh mengesankan, luar biasa! Sudah 5 kali saya menontonnya, dan tak pernah bosan pula. Dimana bagi saya merupakan film terindah, filmisasi dari novel yang berkisah tentang anak autis yang berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Perjuangan seorang Ibu yang berusaha agar putranya yang memang “berbeda” agar bisa diakui dan diterima oleh lingkungan sosial yaitu masyarakat.


Forrest Gump yang diperankan oleh actor kawakan Tom Hanks dengan acting yang begitu luar biasa mampu menghidupkan sosok Forrest Gump yang dianggap bodoh dengan IQ dibawah rata-rata manusia umumnya yaitu 75. Perjuangan yang luar biasa dari Forrest Gump sehingga menjadi manusia yang luar biasa. Make a difference dan menjadi makna bagi manusia yang lain. Hal yang menarik dari Forrest Gump dimana penerapan nilai-nilai kemanusiaan yang saat ini menjadi semakin langka adalah dia tetap menjadi orang baik. Forrest Gump mungkin bisa dibilang sebagai anak autis yang “bodoh” tapi tidak pernah melakukan perbuatan bodoh, konyol yang merugikan bagi orang lain. Ya mungkin benar seperti apa yang terdapat di Forrest Gump bahwa bodoh itu adalah melakukan perbuatan bodoh, aksi atau perilaku yang konyol yang destruktif bagi orang lain. Makna kebodohan bukan kebodohan dalam perspektif akibat keterbelakangan atas akses pendidikan, minimnya tradisi literasi dan bahkan pemaknaan dalam ukuran dunia akademis.



Sebuah film yang dibesuti oleh sutradara kawakan Robert Zemeckis, memang layak mendapatkan apresiasi. Mendapatkan 13 oscar (academy awards) dan hampir memenangkan di 10 kompetisi penghargaan film international dalam berbagai kategori. Robert Zemeckis, mampu menghidupkan film ini lebih hidup dari novelnya. Improvisasi yang luar biasa. Proses dialogis yang cukup interaktif dari kisah hidup forrest Gump yang dinyatakan autis oleh masyarakat.


Human Touching! Deeply human interest of this movie. Nilai-Nilai moral akan banyak kita pelajari dari film ini. Pertama, Kita tidak boleh letih untuk menjadi orang baik, walaupun lingkungan telah menjahati dan berlaku tidak adil. Biarkan saja, Tuhan tak pernah tidur,dalam bahasa Forrest, Miracle happens everyday! That’s true, keajaiban akan datang dan Tuhan selalu Punya cara untuk membuktikannya. Hanya saja kita perlu konsisten. Kedua, memegang janji, setia dalam janji. Forrest, seorang yang “autis” yang teguh akan janji –nya dan melaksanakan janjinya dengan penuh perjuangan. Sungguh laki-laki yang bersahaja. Ketiga, Hidup adalah ketegangan antara takdir Tuhan dan perjuangan akan harapan atau rencana manusia. Pada sekuel ini, begitu manis diceritakan bahwa “Life is like a box of chocolate, you never know what you get”. Bukankah hidup ini seperti itu. Begitu misterius?? Apakah kita akan tahu apa yang akan kita dapatkan dan yang akan terjadi? Keempat, pelajaran tentang kemanusiaan untuk memperlakukan semua manusia itu sama. Tidak diskriminasi. Memberikan kesempatan bagi siapa saja, aaah pada bagian ini begitu berat. Karena kita seringkali mengkotak-kotakkan, memberi jarak dalam relasi kita. Rasis, ukuran ekonomis, Ideologi, dan berbagai macam determinasi-determinasi.


Selanjutnya…silakan menonton film ini. Sangat recommended agar kita tidak kehilangan nilai-nilai yang selama ini kita pegang. Dan agar kita tak pernah bosan menjadi dan tetap “baik”. Seterusnya pelajaran dan refleksi apa yang akan didapat dari film ini, akan sangat subyektif.


Download Film Forrest Gump : part1 - part2 - part3 - part4 - part5 * Join filenya dg hjsplit
Download : Subtitle Forrest Gump


“Life is like a box of chocolate, you never know what you get”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar