Minggu, 15 Januari 2012

MANTAN ROCKER YANG JADI BILLIONAIRE






Meski gagal jadi rocker, Yusaku Maezawa mampu melihat peluang sukses dari kejeliannya melihat cara stafnya berpakaian. Dari sinilah lahir Zozotown, website yang jadi kiblat baru pencari pakaian anak muda Jepang.Yusaku Maezawa, 35 tahun, adalah pencinta musik rock yang sempat membentuk sebuah band indi pada awal 1990-an. Untuk mengembangkan kariernya, ia sampai berhenti sekolah dan pergi ke AS untuk meniti karier sebagai penabuh drum di California. Sayangnya, mimpi itu tak kesampaian. Ia balik lagi ke Tokyo dengan mimpi yang lain. Kali ini, ia berniat menjual CD musik grup rock yang sempat dibelinya di AS beserta atribut musiknya, seperti T-shirt, buku-buku lagu, dan sebagainya. Karena modalnya minim, segala sesuatunya ia kerjakan sendiri.

Pada 1995, ia melihat peluang baru yaitu berbisnis melalui internet. Ternyata, ia tak bisa mengerjakannya sendiri. Ia pun memilih menggaji temannya untuk membuatkan website. Bersamaan dengan itu, ia menggagas usaha yang diberi nama Start Today pada Mei 1998. Perusahaan ini menjual CD musik impor dengan sistem penjualan langsung. Barulah pada Januari 2000, toko online-nya diluncurkan dan diberi nama STMOnline yang menjual CD dan produk rekaman impor lewat metode mail order.

Di saat terus berupaya mengembangkan bisnis, ia mengamati para karyawannya yang sering berpakaian modis dan unik. Pakaian-pakaian seperti itu cukup menarik. Di Tokyo, memang ada banyak tempat yang menjual baju-baju modis dan unik. Selain itu di suatu distrik kota Tokyo yang bernama Harajuku, banyak anak muda yang sering mengenakan aneka pakaian unik, menirukan karakter anime favorit mereka (cosplay) yang penggemarnya cukup banyak.



Maezawa tertarik untuk membuat toko online-nya. Dari sinilah ia mendirikan EPROZE (Zozo.jp), toko online yang menjual aneka pakaian yang biasa ditemukan di jalanan Harajuku, Tokyo. Sasaran pasarnya tentu saja kalangan anak muda, usia sekitar 20-an hingga 30-an tahun.

Ternyata, tak hanya calon pembeli yang tertarik pada toko online ini. Sejumlah supplier pakaian ternama yang sasaran pasarnya kalangan anak muda ikut tertarik menjajakan pakaian mereka melalui website-nya. Karena itu tokoonline-nya cepat berkembang. Dari sinilah lahir Zozotown (Zozo.jp) yang diluncurkan pada Desember 2004 yang merupakan penggabungan toko-toko online-nya.

Kini Zozotown menjadi megasite, website semacam portal fashion yang melayani 1500-an merek dan 220-an toko pakaian. Dan akibat suksesnya itu, Maezawa pun menjadi billionaire muda.

Menurut Forbes, kekayaan Maezawa diperkirakan lebih dari US$ 1 miliar. Dalam kurs rupiah saat ini berarti sekitar Rp 9,3 triliun. Kekayaan itu membuat Forbes menempatkan Yusaku Maezawa sebagai salah satu Young Billionaire disejajarkan dengan Mark Zuckerberg (Facebook) dan Larry Page (Google).

(Foto: Forbes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar