Jumat, 16 Maret 2012

Belajar dari Kesalahan


Sudah berapa kali Anda melakukan kesalahan? Apakah Anda kemudian menganggapnya sebagai suatu ketidakmampuan Anda, hambatan mencapai tujuan, bahkan sampai menyesalinya? Jika jawabannya adalah iya, berarti Andalah kesalahan itu.

Beberapa kutipan tentang kesalahan berikut, mungkin akan sedikit menyentuh Anda;
“Orang yang tidak membuat kesalahan biasanya tidak membuat apa-apa.” ~ Edward Phelps.
“Membuat kesalahan yang berbeda setiap hari tidak hanya bisa diterima, tapi itu adalah definisi kemajuan.” ~ Robert Brault.
“Siapapun yang belum pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.” ~Albert Einstein.
“Satu-satunya manusia yang tidak pernah membuat kesalahan adalah orang yang tidak pernah melakukan apa-apa.” ~Theodore Roosevelt.

Dan tahukah Anda, berapa kali seorang Thomas Alfa Edison, si penemu bola lampu, melakukan percobaan dan gagal? Ia telah mencoba dua ribu bahan yang berbeda dalam mencari filamen untuk bola lampu.

Ketika asistennya mengeluh, “Semua pekerjaan ini sia-sia. Kita tidak belajar apa pun,” Edison menjawab dengan sangat yakin,

“Oh, kita sudah bekerja sejauh ini dan sekarang kita tahu bahwa ada dua ribu elemen yang tidak dapat kita gunakan untuk membuat bola lampu yang baik.” Dan Edison meneruskan percobaan dengan tidak mengulangi memakai elemen yang sama seperti dua ribu elemen itu.

Belajarlah dari kesalahan Anda sendiri maupun kesalahan orang lain.

Dan Anda tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama. Karena ketika Anda mengulangi kesalahan yang sama, maka itu bukan lagi sebuah kesalahan, tapi pilihan. Anda yang menentukan, tentu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar