Jumat, 16 Maret 2012

Melindungi Laptop dari Sasaran Empuk Pencuri


Portabilitas sebuah laptop membuat Anda dengan mudah membawanya kemana saja, namun di sisi lain ini juga menjadi sasaran empuk bagi pencuri. Jika hal ini terjadi, bisa menjadi malapetaka, terutama jika Anda menyimpan dokumen penting pada hard drive, tanpa cadangan. Berikut adalah lima cara untuk melindungi laptop Anda dari pencurian serta untuk melindungi data yang Anda simpan di dalamnya.

Gunakan Pengunci Fisik

Mengunci laptop Anda ke sebuah obyek tidak bergerak mungkin bukanlah ide yang menarik, namun hal ini rupanya cukup ampuh. Apalagi hampir setiap laptop baru di pasaran dilengkapi dengan slot kunci kecil. Kunci ini prinsipnya sama dengan pengaman pada sepeda. Anda menemukan objek, besar tak bergerak, seperti meja Anda, dan menggulung kabel logam di sekitarnya. Lalu, masukkan kunci ke dalam slot kunci laptop Anda.

Instal Software Pelacak

Apabila laptop Anda telah dicuri atau mungkin Anda kehilangan itu, dan beberapa individu tidak bermoral mengangkatnya (dengan kata lain, mereka mencurinya). Bagaimana Anda bisa mengambilnya? Jika Anda sudah menjalankan software Pelacak jalankan saja perangkat lunak pelacak laptop.

Generasi baru perangkat lunak keamanan saat ini sudah banyak beredar dan itu sangat efektif. Dengan kemapuan menjaring berbagai informasi seperti lokasi alamat IP, Wi-Fi positioning, dan bahkan kemampuan untuk mengaktifkan webcam laptop jarak jauh, perangkat lunak pelacak dapat membantu Anda mendapatkan laptop Anda kembali.

Back Up Data Anda

Kehilangan sebuah laptop seharga 10 juta memang buruk, tetapi kehilangan laptop 10 juta dengan semua file penting Anda di atasnya jauh, jauh lebih buruk. Apalagi jika laptop Anda berakhir di tangan yang salah.

Jangan Simpan Password

Apa yang bakal terjadi ketika orang yang tidak bertanggung jawab mengakses internet dan mendapat berbagai password akun-akun penting Anda. Anda juga harus menahan diri dari mengetik semua password ke dalam sebuah file teks biasa pada komputer Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar