Jumat, 16 Maret 2012

Peneliti Cambridge Teliti Alat “Unprinter” Penghilang Tinta di Kertas


Para peneliti dari University of Cambridge tengah bekerja keras mengembangkan laser "unprinter" yang benar-benar menghilangkan tinta yang tercetak di kertas tanpa merusak kertas itu sendiri. Mereka menemukan, bahwa mereka dapat menggunakan laser untuk memanaskan kertas langsung di atas printer toner laser dan menghapusnya.



Proses penghilangan tinta dari kertas tersebut tidak menimbulkan banyak kerusakan pada serat selulosa yang mendasari kertas. Selepas proses ini, Andapun mendapatkan lembaran kertas yang dapat digunakan kembali tanpa harus memasukan ke proses daur ulang.



Untuk menemukan sinar laser yang tepat para peneliti menguji serangkaian penyinaran laser dengan bantuan dari The Bavarian Laser Centre.Mereka menggunakan durasi, intensitas dan panjang gelombang laser yang bervariasi. Dalam percobaan mereka menggunakan salinan kertas standar printer Canon dengan HP LaserJet.

Menurut para ilmuwan tersebut, tujuan dari penelitian unprinting untuk mengembangkan cara yang lebih baik untuk menggunakan kembali kertas. Metode daur ulang baik untuk mengurangi ketergantungan pada penebangan, tetapi proses itu sendiri masih menggunakan listrik dan air bersih, dan mengeluarkan produk emisi karbondioksida. Hingga akhirnya, para ilmuwan berharap bahwa cara pengupasan tinta dari kertas agak akan mengurangi kebutuhan untuk mendaur ulang atau bahkan untuk memproduksi kertas baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar