Jumat, 16 Maret 2012

Firefox 11 Akhirnya Beredar


Setelah sempat tertunda akibat penyelidikan terkait konflik dengan Microsoft, Firefox 11 akhirnya resmi dirilis. Versi browser baru, semula diluncurkan pada 12 Maret dan tersedia update manual. Sekarang pengguna Firefox akan secara otomatis diperbarui ke versi 11.


Setiap merilis versi baru seperti biasanya selalu diikuti dengan penambahan fitur baru dan perbaikan celah keamanan tanpa mengubah bagaimana browser bekerja.


Di versi Firefox 11 sudah ada penambahan kemampuan mengimpor data dari browser Chrome. Pengguna yang sebelumnya menggunakan Google Chrome dapat mengimpor bookmark, history, cookie dan password. Pengguna Firefox Sync saat ini juga bisa melakukan sinkronisasi add-on ke beberapa komputer guna memastikan pengalaman berselancar di dunia maya agar lebih konsisten walaupun gonta-ganti komputer.


Tak hanya itu saja, di versi 11 ini Firefox menawarkan tool baru bagi para pengembang. Tool ini bernama Tilt, tool ini gunannya memeriksa elemen web, pengguna dengan kemampuan WebGL bisa menggunakan fasilitas tombol 3D untuk mendapatkan kopi halaman web yang telah di-render 3D. Pengguna juga dapat memeperbesar dan memeperkecil tampilan untuk mempermudah berinteraksi dengan elemen web yang tumpang tindih.


Firefox 11 ini tersedia untuk berbagai sistem operasi diantaranya Windows XP, Vista dan 7 serta Mac OS X 10.5, 10.6 dan juga 10.7. Firefox 11 juga telah tersedia disebagian besar distro Linux.
Meskipun sudah merilis versi baru, Mozilla masih menyediakan dukungan untuk Firefox 10 melalui fasilitas Extended Support Release. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya update untuk Firefox 10.0.2 menjadi Firefox versi 10.0.3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar