Senin, 26 Desember 2011

5 Makanan Bisa Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak



Ada banyak hal yang bisa membuat Anda susah tidur nyenyak di malam hari. Salah satunya adalah rasa lapar namun salah mengkonsumsi makanan tertentu justru bisa membuat anda susah tidur. Beberapa makanan di bawah ini mungkin bisa Anda pilih sebagai alternatif santapan malam.

Berikut adalah lima makanan yang bisa membantu tidur Anda lebih lelap:

Ceri
Ceri segar dan kering adalah salah satu-satunya sumber makanan alami melatonin, senyawa kimia yang mengontrol jam internal tubuh untuk mengatur tidur. Para peneliti telah menguji ceri pada tart dan ditemukan melatonin tingkat tinggi. Mereka merekomendasikan makan buah tersebut satu jam sebelum tidur atau sebelum melakukan perjalanan bila Anda ingin tidur di pesawat.


Pisang
Buah ini mengandung kalium dan magnesium relaksan otot alami. Pisang merupakan sumber yang baik dari keduanya. Mereka juga mengandung asam amino L-triptofan, yang akan diubah menjadi 5-HTP di otak. 5-HTP pada gilirannya diubah menjadi serotonin (sebuah neurotransmitter santai) dan melatonin.


Toast
Makanan kaya karbohidrat mampu memicu produksi insulin, yang menginduksi tidur dengan mempercepat pelepasan tryptophan dan serotonin, dua bahan kimia otak yang membuat Anda lebih rileks sehingga bisa cepat tidur.


Oatmeal
Seperti roti panggang, semangkuk oatmeal memicu kenaikan gula darah, yang pada gilirannya memicu produksi insulin dan pelepasan bahan kimia. Proses tersebut mampu menginduksi tidur otak. Oat juga kaya melatonin, zat inilah yang bisa membantu Anda lebih cepat tidur.

Susu hangat.
Seperti pisang, susu mengandung asam amino L-triptofan, yang berubah menjadi 5-HTP dan melepaskan serotonin santai. Ini juga tinggi kalsium, yang membuat Anda lebih cepat tidur.



Sumber : caring.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar