Selasa, 27 Desember 2011

Selamatkan Produksi Dalam Negeri



PDFPrint
Tuesday, 27 December 2011
Merebaknya produk China membawa pengaruh terhadap produksi dalam negeri. Dari korek kuping hingga ponsel produk China telah merasuki bangsa ini. Selain murah, produk China yang saat ini marak di pasar Indonesia diakui pedagang juga lebih baik dari segi kualitas dibandingkan produk lokal.

Produk China mendominasi sehingga produk lokal tertinggal. Seperti diberitakan oleh berbagai media, mulai 1 Januari 2010 telah berlaku perdagangan bebas sehingga produk China akan lebih mudah masuk, apalagi 90% produk China akan dikenai tarif 0% untuk masuk ke Indonesia.

Kesiapan China dalam menguasai mangsa pasar perlu diakui kehebatannya. Betapa tidak China mempersiapkan sudah sepuluh tahun yang lalu dan semua produk sudah distandardisasi. Sejak lima tahun sudah mempersiapkan untuk mengekspor ke negaranegara Asia sampai Uni Eropa.

 Ancaman produk China memang patut diwaspadai dan diantisipasi.Apalagi jika produk tersebut masuk secara ilegal dan dapat mengganggu kesehatan masyarakat.Produk China yang belum terdaftar harus segera ditarik dari pasaran agar tidak merugikan masyarakat terutama industri dalam negeri.

Roni Cideng Timur,Jakarta Pusat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar