Senin, 26 Desember 2011

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur





Apakah Anda sering mengantuk? Atau lelah? Keduanya gejalanya bisa sama, tapi sebenarnya tidak. Mengantuk berarti Anda menguap atau mengantuk siang hari, sementara lelah artinya Anda memiliki masalah yang harus Anda atasi. Mungkin Anda memang mengalami gangguan tidur. Bagi Anda yang mengalami gangguan tidur beberapa tips di bawah ini semoag saja bisa membantu :

Hitung berapa jumlah jam tidur Anda
Tidak ada jumlah pasti berapa jam tidur ideal. Ada orang yang terbiasa tidur tujuh atau delapan jam tidur, beberapa hanya memerlukan enam jam. Kuncinya sebenarnya bukanlah berapa jam namun pada kualitas, kuantitas, dan konsistensi. 

Pertimbangkan membeli kasur baru
Apakah Anda sulit tidur? Apakah Anda bangun dengan nyeri di bagian bawah punggung? Jika itu disebabkan kasur yang Anda pilihlah dengan bijaksana kasur yang tepat.


Memakai kaus kaki waktu tidur
Kaki merasa dingin mungkin saja membuat Anda terjaga tanpa menyadarinya. Cobalah memakai kaus kaki saat tidur. Lapisan ekstra hangat dapat meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Mandi air panas
Suhu tubuh Anda secara alami mulai turun sekitar dua jam sebelum tidur. Dengan mandi air panas suhu meningkat dan dapat membantu mempersiapkan tubuh anda untuk tidur. Lebih bijak dalam mengkonsumsi kafein Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kopi akan selalu membuat Anda aman dari masalah tidur. Waspadai juga kafein dari sumber lain seperti teh,coklat dan minuman lain.



Tinggalkan pekerjaan Anda di kantor
Sangat mudah membawa pulang tumpukan dokumen atau sibuk dengan setumpuk tagihan tepat sebelum tidur. Tugas ini membuat Anda tidur terlalu larut malam. Jika Anda frustrasi dengan pekerjaan tersebut akibatnya tidur Anda tak akan bisa optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar