Senin, 26 Desember 2011

Mengenal Adware, Spyware dan Virus



Bagi orang awam Adware, spyware dan virus komputer ketiganya adalah sama.Mereka semua dianggap sebagai virus yang mengganggu aktivitas dalam menggunakan komputer. Meskipun sebenarnya ketiganya berbeda. Lalu apa yang membedakan ketiganya. Mari kita membedakan tiga.

Spyware merupakan perangkat lunak yang membahayakan komputer anda secara tidak sengaja. Apa yang mereka lakukan adalah mereka menciptakan jalur-jalur dimana orang lain, selain dari pemilik komputer, dapat mengakses langsung data-data komputer.Biasanya spyware
merekam berbagai jenis situs web yang anda kunjungi. Jejak anda tersebut oleh web
pengiklan dimanfaatkan untuk mengirimkan email yang tidak diinginkan dan pop-up.

Ini adalah mengapa spyware biasanya tidak disukai dan sangat dihindari. Mereka lebih mengganggu dari adware. Spyware memiliki executable yang terpisah. Mereka
memiliki program yang memungkinkan untuk merekam keystrokes anda, memindai file pada hard disk. Tak hanya itu saja mereka juga bisa melihat aplikasi lain yang anda gunakan tidak hanya terbatas pada program chatting, cookie dan pengaturan browser Web.

Spyware lalu akan mengirimkan informasi yang telah dikumpulkan ke
spyware penulis. Agen kemudian akan menggunakan informasi ini untuk iklan dengan
tujuan pemasaran. Mereka bahkan menjual informasi kepada pengiklan dan pihak lainnya.

Adware, di sisi lain, bentuk yang lebih sah dari freeware. Mirip dengan
spyware, barang-barang iklan yang diiklankan adalah bahan iklan yang dikemas ke dalam
perangkat lunak. Atau bisa saja program dan diinstal secara otomatis atau perangkat lunak yang ditambahkan ke dalam sistem komputer. Beberapa bentuk adware, di sisi lain, download isi iklan tertentu sebagai aplikasi yang sedang digunakan. Sangat disayangkan sebagian besar program adware mengambil bentuk spyware yang memungkinkan mereka melacak dan melaporkan pengguna informasi kepada penulis program.

Beberapa tanda-tanda infeksi spyware termasuk iklan pop-up yang tampaknya tidak
berhubungan dengan situs yang sedang Anda lihat. Lebih sering daripada tidak, spyware pop-up materi iklan isi dewasa. Bila ini komputer anda tiba-tiba begitu lambat ada kemungkinan besar bahwa spyware dan komponen lainnya telah
menemukan jalan mereka dalam sistem operasi Anda.

Terakhir adalah virus. Diantara ketiganya ini adalah yang paling berbahaya. Virus merupakan bentuk destruktif dari perangkat lunak. Mereka sengaja dirancang dan diciptakan untuk satu tujuan saja: yaitu menghancurkan dan menghadirkan kekacauan dalam sistem
komputer. Mereka menghancurkan apa pun yang mereka datangi dan selanjutnya akan replikasi diri serta menginfeksi banyak komponen sistem operasi komputer atau mungkin jaringan.

Saat ini, banyak perangkat lunak anti-virus juga menyediakan scanning dan utilitas penghapusan spyware dan adware. Beberapa program difokuskan menghapus atau menghancurkan spyware dan adware. Apakah ini perangkat lunak anti-virus atau pemindai anti-spyware yang bagus, mereka berdua cari bagian di sistem komputer anda. Selanjutnya mereka mengidentifikasi setiap spyware dan virus terinstal di sistem anda. Mereka kemudian menghapusnya serta komponen mereka berada dalam sistem registri dan tempat-tempat lain di komputer Anda. Oleh karena itu, baik untuk secara teratur melakukan update virus atau pemindai spyware. Fungsinya untuk memastikan bahwa komputer Anda dilindungi dari ribuan spyware dan virus di internet.

Selain menginstall program antivirus, jangan pernah tertipu dari iklan yang mengklaim bahwa produk mereka hanya mengandung adware. Adware ini mungkin spyware yang menyamar dan hanya menunggu dikerahkan untuk mengumpulkan informasi anda.Belajarlah untuk set-up sistem firewall dan selalu blok pop-up blocker untuk meminimalkan infeksi komputer dan memastikan keamanan dari semua file komputer Anda.

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar