Jumat, 25 November 2011


KESEPAKATAN ASEAN 2011 DI NUSA DUA BALI, HASIL 9 CAPAIAN KESEPATAN KONFERENSI TINGKAT TINGGI (KTT) ASEAN KE-19

Share
Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-19 dan KTT terkait yang berlangsung di Bali BNusa Dua Convention Center menghasilkan sembilan pencapaian. Itu merupakan hasil pembahasan dari 10 kepala negara/pemerintahan se-ASEAN dan delapan negara mitra dialog. 

Kesembilan pencapaian itu adalah pencapaian konkret untuk mempererat tiga pilar konektivitas ASEAN, penguatan pertumbuhan ekonomi regional, membangun arsitektur yang lebih efisien dan efektif bagi kerja sama regional. 

Juga menjaga stabilitas dan keamanan kawasan Asia Tenggara, meperkuat peran ASEAn di kancah internasional, peningkatan kerja sama ekonomi di Asia Timur, kerja sama membangun platform dan tindakan nyata ketahanan pangan, energi, dan air sekaligus perubahan iklim, kerja sama bidang penanggulangan ancaman nontradisional, seperti bencana alam, terorisme, dan kejahatan transnasional, kerja sama menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan Asia Timur. 

Dalam pidato penutupnya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Dewan Koordinasi Kelompok Kerja (ACCWG) telah dibentuk guna membahas lebih lanjut keinginan Timor Leste bergabung dalam ASEAN. "Indonesia mendukung penuh keanggotaan Timor Leste di ASEAN," kata Presiden SBY. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar