Kamis, 26 April 2012

Film RI Akan Diputar di Ajang Bergengsi Dunia

Film tahun 1954 garapan Usmar Ismail ini masuk dalam daftar 13 film Klasik Cannes.
JUM'AT, 27 APRIL 2012, 08:32 WIB
Maya Sofia



Film 'Lewat Djam Malam' (kineforum.wordpress.com)
BERITA TERKAIT


VIVAnews - Film 'Lewat Djam Malam' (After The Curfew) karya sutradara Usmar Ismail akan tayang di salah satu festival film bergengsi dunia, Festival Film Cannes 2012, pada 16-27 Mei 2012 mendatang. Film yang diproduksi tahun 1954 ini masuk dalam daftar 13 film Klasik Cannes (Cannes Classics) bersama dengan film-film lawas lainnya seperti 'Tess', garapan sutradara Roman Polanski, dan 'Jaws' garapan Seteven Spielberg.

Film 'Lewat Djam Malam' mengambil latar belakang saat Indonesia baru saja memproklamasikan kemerdekaan. Dikisahkan seorang bekas pejuang bernama Iskandar , diperankan aktor A.N. Alcaff, berusaha memulai hidup baru sebagai penduduk sipil. Namun di tengah usahanya tersebut, Iskandar justru harus menghadapi berbagai cobaan berat.

Film yang juga dibintangi Netty Herawati ini meraih penghargaan sebagai Film Terbaik FFI pada tahun 1955. Adapun A.N. Alcaff sukses meraih penghargaan sebagai aktor terbaik. Pada tahun 2011, film 'Lewat Djam Malam' direstorasi di laboratorium L’Immagine Ritrovata, Bologna, Italia.

Sementara itu dilansir dari situs resmi Festival Cannes, film lainnya yang juga masuk dalam daftar Cannes Classic 2012 antara lain 'One Upon A Time In America' (Sergio Leone), 'The Ring' (Alfred Hitchcock), 'Lawrence of Arabia' (David Lean), 'The Ballad of Narayama' (Keisuke Kinoshita), 'A Great Day in Harlem (Jean Bach), 'An All Colored Vaudeville Show', 'Jammin The Blues', 'Viaggio in Italia/Journey To Italy (Roberto Rossellini), 'Kalpana' (Uday Shankar), 'Runaway Train', 'Cleo From 5 to 7', dan 'The Great Spy Chase'.

Sebagian besar film-film klasik tersebut akan diputar di Palais des Festival, Salle Buñuel atau bioskop Sixtieth Anniversary. Untuk diketahui Festival Film Cannes membuat programCannes Classic pada tahun 2004. Program ditujukan untuk menampilkan film-film klasik yang telah direstorasi serta karya-karya besar dalam sejarah film.

Program Cannes Classic juga menjadi sarana untuk memberikan penghormatan terhadap upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan produksi, pemegang hak, perpustakaan film atau arsip nasional di seluruh dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar