Jumat, 27 April 2012

Hal Besar Selalu Dimulai dari Hal Kecil

Written by Zoom-Indonesia
Ketika fajar menyingsing, seorang lelaki tua berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati angin laut yang segar menerpa bibir pantai. Di kejauhan dilihatnya seorang anak sedang memungut bintang laut dan melemparkannya kembali ke dalam air.

Setelah mendekatinya, lelaki tua itu bertanya heran, “Mengapa kau mengumpulkan dan melemparkan kembali bintang laut itu ke dalam air?”

“Karena bila dibiarkan hingga matahari pagi datang menyengat, bintang laut yang terdampar itu akan segera mati kekeringan,“ jawab si anak kecil.

“Tapi pantai ini luas dan bermil-mil panjangnya,” kata lelaki tua itu sambil menunjukkan jarinya yang mulai keriput ke arah pantai pasir yang luas. “Lagi pula ada jutaan bintang laut yang terdampar. Aku ragu apakah usahamu itu sungguh mempunyai arti yang besar,” lanjutnya penuh ragu.

Anak itu lama memandang bintang laut yang ada di tangannya tanpa berkata sepatahpun. Lalu dengan perlahan ia melemparkannya ke dalam laut agar selamat dan hidup. Kemudian dengan tersenyum pada lelaki tua itu, ia berkata,

“Aku membuat perubahan untuk satu hal. Satu tindakan kebaikan yang sederhana dapat membuat sebuah perubahan untuk orang lain. Aku yakin usahaku sungguh memiliki arti yang besar setidaknya bagi yang satu ini.”

Kadang, kita merasa tidak bisa berbuat sesuatu seperti layaknya anak kecil itu, namun walaupun itu hanya tindakan kebaikan yang sederhana, bisa membuat begitu banyak perbedaan untuk bintang laut itu sendiri.

Ketika kita memberi sedikit senyuman untuk orang lain, baik itu keluarga, teman ataupun orang asing yang kita temui, kita telah membuat perbedaan besar bagi mereka.

Kita sering mendambakan untuk melakukan sesuatu yang besar, namun sering kali kita lupa bahwa yang besar itu sering dimulai dengan sesuatu yang kecil. Mulailah berbuat kebajikan pada hal-hal kecil, kita akan diberkati dalam hal-hal besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar