Jumat, 27 April 2012

Harta Karun Kesuksesan

Written by Zoom-Indonesia
Seorang pria berjalan-jalan di pantai yang sangat indah. Ia lalu melihat sebuah botol kaca. Ia mengambilnya dan melihat secarik kertas di dalamnya. Ia tarik gabus penyumbat botol dan menemukan peta harta karun! Tapi ia tidak percaya, sehingga ia memasukkan peta harta karun itu kembali, menyumbat botol, dan melemparkannya ke laut.

Beberapa saat kemudian, seorang pria lain melihat botol itu. Ia juga mengambil, membukanya, dan menemukan peta harta karun. Ia cukup penasaran. Ia pun mencoba berjalan sekitar 30 meter ke tengah laut, menuju tempat yang ditunjukkan peta. Namun ketika tinggi air laut mencapai paha, ia berhenti. “Ini cuma jebakan!” katanya. Bergegaslah ia kembali ke tepi pantai dan membuang botol itu kembali ke laut.

Lagi-lagi, seseorang melihat botol kaca itu terapung di air. Ia mengambil, membukanya, dan menemukan peta. Ia pun bertanya-tanya, sebanyak apakah harta karun yang disebutkan di peta itu? “Hmm, aku akan berusaha mencari harta karun ini!” katanya. Ia lalu menyewa perahu dan menuju ke tempat yang ditunjukkan peta.

Setelah sampai, ia melihat sesuatu di bawah air yang menyerupai peti harta karun. Ia lalu menceburkan diri ke laut dan menyelam menuju benda bersinar itu. Ternyata lokasi peti itu jauh lebih dalam dari perkiraannya. Ia hampir kehabisan napas. Ia kembali ke perahu dan menyerah. Lantas botol berisi peta itu diambilnya, ditutup, lalu dilemparkannya kembali ke laut.

Setelah itu, ada seorang lagi yang juga melihat botol itu, membukanya, dan menemukan peta harta karun. Ia sangat bersemangat untuk menemukan harta karun tersebut. Ia melihat ada perahu di tepi pantai, yang kemudian digunakannya menuju ke tempat yang ditunjukkan peta.

Setelah sampai di tempat yang dimaksud, ia lalu menceburkan diri ke laut dan menyelam. Tapi lokasi peti itu sangat dalam dan napasnya tak mungkin bisa menjangkaunya. Maka ia putuskan kembali ke perahu.

Setelah kembali ke pantai dan menyewa perlengkapan selam, ia mendayung perahunya kembali. Dengan perlengkapan selam lengkap ia kembali menyelam dan membawa peti ke perahu. Matanya berbinar-binar ketika melihat peti harta karun itu penuh berisi emas dan berlian.

Kesimpulan yang sangat sederhana, bahwa sukses adalah kombinasi dari peluang, keyakinan, usaha, dan strategi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar